SLIDE 1
 
 
1
2
Iklan_herbaVOMITZ
iklan_bjbsyariah
iklan_bnisyariah
iklan_hajimoelseafoodpusat
iklan_infaqcenter
iklan_majalahalbahjah
iklan_muamalat
 

3 Karya Besar Tsabit Bin Qurrah

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

dari REPUBLIKA.CO.ID -  Masa kegemilangan peradaban Islam mencatat sejumlah nama intelektual dan cendekiawan Muslim yang ulung di berbagai bidang. Salah satu nama itu adalah Tsabit bin Qurrah.

Sumbangsih tokoh kelahiran 836 M di Harran, yang kini masuk wilayah Turki itu, adalah ilmuwan yang terkenal produktif dengan karya-karyanya yang ilmiah, terutama di bidang eksakta. Dia adalah penemu besar dalam bidang matematika, geometri, dan astronomi.

Kepiawaiannya menguasai ilmu pengetahuan ini tak terlepas dari kemampuannya berbahasa asing. Ia mahir menggunakan bahasa Suryani, Arab, dan Yunani.

Tak heran, bahasa yang terakhir tersebut adalah peranti utama bagi Tsabit membuka cakrawala nan luas di belantara pengetahuan warisan Yunani. Ia banyak mengalihbahasakan karya-karya penting warisan Yunani ke dalam bahasa Arab. Berikut ini sejumlah karya besar tokoh yang wafat di Baghdad pada 18 Februari 901 M itu:

Matematika

Dalam bidang matematika, Tsabit bin Qurrah menerjemahkan banyak karya ahli matematika Yunani, Seperti Appollunius, Euclid, Archimedes, dan Ptolemaios. Ia juga mengomentari buku Elements dari Euclid dan buku Ptolemy yang berjudul Geograpia.

Selain menerjemahkan karya Yunani, Karya Tsabit bin Qurrah juga menghasilkan karya berjudul  Kitab al-Mafrudat (Kitab Data). Buku ini sangat populer di Abad Pertengahan yang berisi penjelasan seputar geometri dan aljabar geometri.

Ilmuwan Muslim.
Dalam Kitab Fi Ta'lif an-Nisab (buku tentang susunan rasio) Tsabit menjelaskan tentang  teori senyawa rasio. Teori ini kemudian melahirkan gagasan bilangan real dan untuk penemuan kalkulus integral.

Mekanik

Tsabit juga dikenal sebagai pendiri ilmu keseimbangan. Hal ini karena kitabnya yang berjudul Kitab Fi' al-Qarastun (buku keseimbangan balok). Inilah karyanya yang monumental dalam bidang ilmu mekanik.

Karyanya ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Gherard dari Cremona dan menjadi sangat populer di Dunia Barat. Ia juga dikenal sebagai penemu ilmu statistik.

Astronomi

Dalam astronomi, Tsabit menulis banyak risalah tentang pergerakan matahari dan bulan serta jam matahari. Ia juga mengukur luas bumi dengan menggunakan garis bujur dan garis lintang secara teliti.

Penemuan Tsabit tersebut memberikan inspirasi kepada para pelaut, seperti Colombus, untuk melakukan pelayaran keliling dunia yang dimulai dari Laut Atlantik. Berkat penemuan tersebut, para pelaut bisa memastikan jika mereka tidak akan tersesat dan kembali ke tempat semula.

Penemuan penting Tsabit yang lain adalah jam matahari. Jam ini menggunakan sinar matahari untuk mengetahui peredaran waktu dan menentukan waktu shalat. Tsabit juga membuat kalender tahunan berdasarkan sistem matahari. Karya Tsabit dalam astronomi yang terkenal berjudul, Concerning the Motion of the Eighth SphereIa.